Cara Transfer Antar Bank agar Tidak Kena Biaya

Menggunakan ATM

Salah satu cara transfer antar bank yang cukup mudah dan tidak kena biaya adalah dengan menggunakan mesin ATM. Pastikan kartu ATM Anda memiliki fitur transfer antar bank. Pilih menu transfer antar bank, lalu masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah transfer. Perhatikan juga jadwal offline bank yang dituju agar transfer Anda tidak tertunda.

Melalui Mobile Banking

Anda juga bisa melakukan transfer antar bank melalui aplikasi mobile banking. Pastikan aplikasi bank yang Anda gunakan memiliki fitur transfer antar bank. Masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah transfer, lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Biasanya, transfer antar bank melalui mobile banking tidak dikenakan biaya.

Menggunakan Internet Banking

Jika Anda lebih suka menggunakan internet banking, pastikan akun internet banking Anda sudah terdaftar untuk fitur transfer antar bank. Masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah transfer, lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Transfer antar bank melalui internet banking juga biasanya tidak dikenakan biaya.

Melalui Agen atau Kantor Cabang Bank

Jika Anda tidak memiliki akses ke mesin ATM atau aplikasi mobile banking, Anda bisa melakukan transfer antar bank melalui agen atau kantor cabang bank. Pastikan membawa identitas diri yang sah dan uang yang cukup untuk biaya transfer. Namun, cara ini biasanya dikenakan biaya lebih tinggi daripada menggunakan mesin ATM, mobile banking, atau internet banking.

Kesimpulan

Transfer antar bank dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan mesin ATM, aplikasi mobile banking, internet banking, hingga agen atau kantor cabang bank. Namun, pastikan cara yang Anda pilih tidak dikenakan biaya atau biaya yang minimal agar tidak merugikan Anda.