Cara Transfer Gratis Antar Bank di Indonesia

Transfer antar bank menjadi salah satu transaksi yang sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, biaya transfer antar bank yang tinggi seringkali menjadi kendala. Kini, berbagai bank telah menyediakan layanan transfer gratis antar bank. Berikut adalah cara transfer gratis antar bank di Indonesia.

1. Memiliki Rekening di Bank yang Sama

Cara paling mudah untuk melakukan transfer gratis antar bank adalah memastikan rekening bank penerima dan pengirim berada di bank yang sama. Hal ini biasanya berlaku untuk transfer antar rekening yang berada di bank yang sama.

2. Menggunakan Layanan e-Banking

Saat ini, hampir semua bank di Indonesia menyediakan layanan e-banking. Dengan menggunakan layanan ini, kita dapat melakukan transfer antar bank dengan mudah dan gratis. Pastikan Anda sudah memiliki akun e-banking dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

3. Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Dompet digital seperti OVO, GoPay, dan DANA juga menyediakan layanan transfer antar bank. Dalam melakukan transfer, pastikan Anda sudah menghubungkan akun dompet digital dengan rekening bank Anda. Biaya transfer antar bank melalui dompet digital biasanya lebih murah dibandingkan transfer antar bank langsung.

4. Menggunakan ATM Bersama

Beberapa bank juga menyediakan layanan transfer gratis antar bank melalui ATM Bersama. Namun, pastikan dulu bank yang Anda gunakan termasuk dalam jaringan ATM Bersama. Lakukan transfer antar bank melalui menu transfer pada mesin ATM.

5. Menggunakan Layanan Transfer Online

Beberapa bank juga menyediakan layanan transfer online antar bank dengan biaya yang lebih murah. Biasanya, biaya transfer online antar bank ini lebih murah dibandingkan transfer antar bank langsung. Pastikan Anda telah mengaktifkan layanan transfer online dan memasukkan data rekening penerima dengan benar.

Kesimpulan

Transfer gratis antar bank kini semakin mudah dilakukan dengan berbagai pilihan layanan yang tersedia. Memiliki rekening di bank yang sama, menggunakan layanan e-banking atau aplikasi dompet digital, melakukan transfer melalui ATM Bersama, atau menggunakan layanan transfer online bisa menjadi pilihan untuk melakukan transfer antar bank dengan biaya yang lebih murah bahkan gratis.