Cara Membuat atau Edit Video Bokeh dan Menontonnya di HP

Hello Guys. Selamat datang di channel saya Terutama buat kalian Youtuber Pemula dan juga youtuber yang masih menggunakan handphone seperti saya Kenapa? Karena di video ini saya mau berbagi tips sederhana dan gampang untuk membuat video bokeh dengan handphone android kamu! supaya video kamu terlihat lebih profesional dan juga lebih menonjol dibanding video video kamu yang lain.

Nah, kalau selama ini kamu bingung bagaimana caranya bisa bikin efek bokeh di smartphone kamu Jangan khawatir! Santai saja, karena.. yang harus kamu lakukan hanya tonton video ini sampai habis. dan juga karena di akhir video ini saya akan memberikan tips paling sederhana bisa menggunakan efek bokeh di handphone, dengan menggunakan fitur Live Focus di kamera kamu.

Ok Guys, langsung saja. Ada tiga hal dasar yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan efek blurry background, atau yang lebih kita kenal efek bokeh dari sebuah kamera pada umumnya. Hal pertama adalah ukuran kamera sensor semakin besar ukuran sensor kamera berarti kamera bisa mendapatkan cahaya lebih banyak dan untuk bisa mendapatkan efek bokeh yang maksimal lensa kamera harus mendapatkan cahaya sebanyak mungkin untuk diteruskan ke kamera sensor.

Kemudian hal kedua adalah, lensa aperture dan lensa focal length. Nilai lensa aperture yang kita kenal dengan simbol huruf “f”. Pada handphone android biasanya nilai aperturenya adalah 2.2 biarpun banyak kamera handphone terbaru seperti Samsung galaxy ultra s20 atau huawei p40 pro memiliki sensor yang lebih besar. Semakin kecil nilai aperture, berarti semakin besar bukaan pada lensa untuk memberi cahaya kepada sensor kamera, semakin banyak cahaya berarti semakin banyak blur-nya atau semakin bokeh.

Kemudian yang ketiga, yang paling penting untuk bisa mendapatkan efek bokeh atau efek blurry background, yaitu jarak background. Yang harus kita lakukan adalah mengatur jarak antara objek utama, dan juga background dari poisisi kamera. Usahakan memposisikan objek utama sedekat mungkin ke kamera, tapi jangan terlalu dekat, nanti gambar muka semua di kamera.

>> ^^ DOWNLOAD DAN INSTALL ^^ <<

Kemudian jarak objek utama dari background diatur sejauh mungkin, kalau bisa melebihi jarak panjang satu tangan. Agar bisa mendapatkan ruang, agar efek bokehnya bisa maksimal, atau depth of field. Ok, langsung saja kita praktekkan gimana caranya mendapatkan efek bokeh dengan handphone android. Di video ini saya akan menggunakan aplikasi Open Camera.

Kenapa Open Camera, karena dengan aplikasi ini kita bisa mengakses fitur mode manual pada kamera dari handphone android kamu layaknya seperti kamera DSLR atau mirrorless buat kalian yang belum mengetahui Open Camera dan ingin tahu bagaimana cara menggunakannya kalian bisa lihat video saya yang diatas ini untuk bisa menggunakan Open camera secara maksimal kerana tutorialnya lengkap, kalian cek aja langsung.

Cara Mencari Video Bokeh di Android

Langsung kita praktekkan, disini saya sudah menggunakan Open Camera Hal pertama adalah kita harus mendekatkan objek sedekat mungkin ke posisi kamera. Saya akan aktifkan fitur fokus manual. Ok, sekarang saya sudah mengaktifkan fitur manual fokus dari Open Camera.

  1. Pertama silahkan kalian download dulu aplikasinya DISINI.
  2. Buka aplikasi dan jalankan.
  3. Setelah itu di menu pencarian cari video yang akan ditonton.
  4. Nikmati berbagai macam video bokeh untuk berkarya.
  5. Selesai.

Sekarang akan kita praktekkan teori yang sudah kita bahas, dimana jarak background dan jarak objek dengan posisi kamera bisa mempengaruhi efek blurry background. Seperti kalian lihat, sekarang gambar saya agak ngeblur, coba kita atur dulu, Ok, sudah fokus.

Sekarang saya akan mendekat ke kamera dan kita akan lihat perubahan yang akan terjadi pada background. Sekarang kalian perhatikan perubahan pada background. Sekarang saya akan mendekat dan kita akan lihat efek bokehnya seperti apa.

Kalian bisa lihat perbedaannya sekarang, background lebih blurry karena saya mendekat ke kamera dan menciptakan lebih banyak ruang antara saya dan background. Jadi itu sangat penting untuk mendapatkan efek bokeh.

Pertimbangkan itu, jadi kalian harus memikirkan jarak antara objek dan background. Semakin jauh semakin bagus bokeh-nya, dan semakin kita mendekat ke kamera semakin bokeh nih, coba saya akan mendekat lagi ke kamera segini lah. Kalian bisa lihat ya, lebih ngeblur lagi, dan lebih bokeh lagi.

Saya akan kembali ke posisi semula. Jadi itu hal yang penting. Jangan memposisikan background terlalu dekat ke objek utama efek bokehnya akan lebih sedikit karena tidak ada ruang antara kamu dan background.

Jadi sekali lagi, hal utama yang paling penting adalah mengatur jarak antara kamu, background dan kamera agar bisa mendapatkan efek bokeh Ok, sekarang hal yang kalian tunggu, yaitu: Tips bokeh paling sederhana, tanpa harus bakcground jauh, jarak objek dekat ke kamera, yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan fitur live fokus di kamera android.

Biasanya pada handphone terbaru sudah memiliki fitur Live Fokus didalam kamera bawaan handphonenya. Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan efek bokeh dengan live fokus Karena pada umumnya fitur live fokus hanya bisa digunakan pada mode gambar, tidak bisa digunakan dengan mode video. Langsung aja kita lihat tipsnya ya.

Ok sekarang saya sedang menggunakan aplikasi kamera bawaan dari handphone android. Saya menggunakan handphone Samsung galaxy A70 dan handphone ini mempunyai fitur Live fokus atau fitur Bokeh yang hanya bisa digunakan untuk mode foto, tidak untuk mode video. Bagaimana kita menggunakan untuk video?

Gampang banget tipsnya. Kuncinya adalah, screen recorder. Jadi kalian harus menginstall, atau kalau kamu punya aplikasi bawaan kamu bisa pakai itu, atau install aplikasi screen recorder, sekarang saya sudah menggunakan screen recorder, jadi ini adalah gambar tangkapan dari layar handphone saya.

Setelah kalian nyalakan screen recorder dan kalian sudah rekam, kemudian kita akan masuk ke fitur Live Fokus Ok, ini adalah fitur live fokus di handphone saya Kemudian kalian harus memposisikan di tengah layar (jangan lupa matikan face detection) Kemudian kita akan menambahkan efek live fokusnya (jangan lupa matikan face detection) Langkah selanjutnya kita akan edit videonya Kita akan crop sesuai dari bagian video kamu.

Jadi kita tidak akan membawa elemen elemen yang kita tidak butuhkan. Itulah alasan kenapa kita harus memposisikan diri di tengah. Ok seperti kalian lihat, kita sudah mendapatkan efek blur pada background jadi menggunakan efek live fokus ini bisa membantu kalian yang tidak mempunyai ruang luas, antara background dan objek utama dan juga kamera.

Jadi ini bisa jadi referensi untuk kalian bisa mendapatkan efek bokeh di video kamu menggunakan fitur Live Fokus. Ok guys itu tadi tips gampang dan sederhana untuk bisa mendapatkan efek blurry bakcground atau efek bokeh dengan kamera smartphone android kamu. Semoga video ini bisa membantu kamu untuk menjadi youtuber yang lebih baik lagi dengan hasil video yang lebih maksimal.

You May Also Like